Cerdas Muamalah Online

Begini ya...
Saat Anda memutuskan untuk belanja/berdagang online, membeli dan menjual ke orang yang tidak Anda kenal, tidak terlihat wujud, anda harus siap ditipu.  Iya gak?

Setiap orang yang memulai muamalah  online, baik itu baru banget belajar, atau yang baru mencoba sistem baru, pastilah ada rasa was-was, curiga, apakah uang saya akan terbuang percuma di tangan seorang penipu? Ataukah malah bertemu partner muamalah yang baik dan amanah?




Ini adalah contoh seorang yang baru belajar belanja di sebuah marketplace online. Saat resi baruuu saja diinput, pembeli langsung melakukan track (mengecek status paket). Padahal, paketan di kantor ekspedisi pun masih duduk manis di tempat, belum disentuh untuk dipindah tempatkan. Track mengatakan; "Resi tidak valid". 
Orang yang terbiasa belanja online tidak akan kaget dengan laporan ini, karena resi baru akan valid, maksimal 24 jam setelah penginputan.

Dan, si pembeli pemula ini, tanpa tabayyun (klarisifikasi) langsung menekan tombol komplain. Yang akibat terburuknya, uang si penjual bisa ditahan oleh pihak marketplace, lhoo.

Setelah sepekan, dan paketan sampai, si pembeli membatalkan komplain, tanpa meminta maaf atas perilaku tidak baik dan prasangka buruknya. Alhamdulillah, uang bakulnya ga jadi ditahan marketplace.


Penjual yang sudah terlanjur jengkel bin greget, tanpa ragu langsung memberi reputasi negatif pada pembeli pemula ini. Biar lain kali agak berhati-hati saat ingin bermain dengan tombol "komplain".


Mari kita hapuskan slogan "pembeli adalah raja", atau sebaliknya, dari dunia ini. Nyatanya, pembeli dan penjual sama2 membutuhkan, simbiosis mutualisme. Iya gak?


Yang harus diingat adalah setiap pihak harus menjadi penjual dan pembeli yang smart. Pelajari dahulu, pada siapa anda membeli, apakah reputasinya baik, apakah ada testimoni? Dan pelajari cara berbelanja online yang baik, sesuai aturan setiap pedagang atau marketplace pilihan anda.
Kedepankan husnudzan, karena anda yang memilih menempuh jalur online. Bila terlanjur parno, lebih baik anda mencarinya secara manual,berkeliling toko dan pasar yang mampu disambangi. 

Malu bertanya siap tersesat, terburu prasangka siap menanggung malu.
Lupakah pada sabda Rasul; 

" Allah merahmati orang yg memudahkan ketika menjual, membeli dan  meminta haknya". (HR. Bukhari) MJ

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerdas Muamalah Online "

Post a Comment