Sunnah Puasa



Bismillahirrahmanirrahim...

Alhamdulillah Ramadhan Berkah telah tiba, insya Allah belum terlambat untuk memposting hal-hal yang berkenaan dengan puasa Ramadhan. Meskipun seharusnya kita sudah membekali diri dengan ilmu sebelum tibanya tamu mulia ini, tapi semoga tak ada kata terlambat untuk berbagi manfaat dan tak ada salahnya mengingatkan kembali ilmu yang sudah para pembaca ketahui :).

Sunnah-sunnah Berpuasa Ramadhan:

1. Bersantap sahur dan mengakhirkannya.
2. Menyegerakan berbuka.

3. Berbuka dengan ruthab (kurma basah) jika ada, ataupun dengan tamr (kurma kering)

4. Memperbanyak sedekah dan memberi makan orang miskin.

5. Membaca Al-Qur'an dan mempelajarinya.

6. Teratur melaksanakan Shalat Tarawih

7. Qiyamul lail dan banyak beribadah pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

8. Mencari malam Lailatul Qadar dengan menghidupkan malam-malamnya dan ber-i'tikaf.
________________
SAHUR

A. Hikmah Disunahkannya Sahur:

1. Banyak berkahnya.

عَنْ أنَس بن مَالِكٍ رَضيَ اللهُ عَنهُ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ - صلى الله عليه وسلم -: «تَسَحَّرُوا، فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً». متفق عليه .
Dari Anas bin Malik Radiyallahu 'anhu, beliau berkata, Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Bersantap sahurlah kalian, karena dalam makanan sahur ada barokah". (Muttafaqun 'alaih)

2. Pembeda antara kaum muslimin dan ahlul kitab (Yahudi dan Nasrani).

َعَنْ عَمْرِو بْنِ العَاصِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُولَ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ: «فَصْلُ مَا بَيْنَ صِيَامِنَا وَصِيَامِ أهْلِ الكِتَابِ، أكْلَةُ السَّحَرِ». أخرجه مسلم
"Dari Umar bin Al-'ash radiyallahu 'anhu, bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Pembeda antara puasa kita dengan puasanya Ahlul kitab adalah makan sahur". (HR. Muslim)

B. Hidangan Sahur Yang Dianjurkan

Disunahkan bagi seorang Muslim untuk bersahur dengan beberapa butir kurma ataupun makanan halal yang lainnya.

{وَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَكُمُ الْخَيْطُ الْأَبْيَضُ مِنَ الْخَيْطِ الْأَسْوَدِ مِنَ الْفَجْرِ ثُمَّ أَتِمُّوا الصِّيَامَ إِلَى اللَّيْلِ} [البقرة:187].
"Dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar, kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai (datang) malam." (QS. Al-Baqarah: 187)

وَعَنْ أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنِ النَّبيِّ - صلى الله عليه وسلم - قَالَ: «نِعْمَ سَحُورُ المُؤْمِنِ التَّمْرُ». أخرجه أبو داود .
Dari Abu Hurairah radiyallahu 'anhu, dari Nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, beliau bersabda: "Sebaik-baik menu sahur seorang Mukmin adalah kurma".

C. Waktu Sahur

Disunahkan meng-akhirkan bersantap sahur hingga sesaat sebelum adzan Subuh, yang jaraknya dengan adzan adalah selama bacaan 50 ayat, atau kurang lebih 5 menit.

عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ رَضيَ اللهُ عَنهُ قَالَ: تَسَحَّرْنَا مَعَ النَّبِيِّ - صلى الله عليه وسلم -، ثُمَّ قَامَ إِلَى الصَّلاةِ، قُلْتُ: كَمْ كَانَ بَيْنَ الأذَانِ وَالسَّحُورِ؟ قال: قَدْرُ خَمْسِينَ آيَةً. متفق عليه .
Dari Zaid bin Tsabit radiyallahu 'anhu, beliau berkata: "Kami sahur bersama Nabi, setelah itu beliau bangkit untuk melaksanakan shalat (Subuh)". Kemudian aku bertanya: Berapa lama jarak antara sahur dan adzan? Beliau berkata: "Selama bacaan 50 ayat". (Muttafaqun 'alaih)

D. Keberkahan Sahur

1. Mengikuti perintah Allah dan sunah Rasulullah, ini adalah berkah yang paling agung.

2. Allah menjadikan sahur sebagai sebab kuatnya seorang yang berpuasa untuk beribadah kepada-Nya.

3. Bangun di waktu turunnya Rabb ke langit dunia, sehingga apabila ia berdoa akan diijabahi, dan apabila ia ber-istighfar akan diampuni dosanya.

4. Bisa melaksanakan shalat Subuh di awal waktu.

5. Menyelisihi Ahlul Kitab.

عَنِ العِرْبَاضِ بْنِ سَارِيَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: دَعَانِي رَسُولُ اللهِ - صلى الله عليه وسلم - إِلَى السَّحُورِ فِي رَمَضَانَ فَقَالَ: «هَلُمَّ إِلَى الغَدَاءِ المُبَارَكِ». أخرجه أحمد وأبو داود .
Dari 'Irbadh bin Sariyah radiyallahu 'anhu, beliau berkata: Rasulullah mengajakku untuk bersantap sahur pada bulan Ramadhan, dan beliau bersabda: "Kemarilah untuk menyantap makanan yang diberkahi". (HR. Abu Dawud).

Wallahu ta'ala a'lam. Semoga bermanfaat. Wa billahit taufiq, walhamdu lillah. MJ

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sunnah Puasa"

Post a Comment