Inilah Lima Negara dengan Minat Membaca Tertinggi di Dunia


Buku adalah jendela cakrawala. Pepatah tersebut sudah banyak dikenal dan diakui kebenarannya. Di hadapan sebuah buku, seseorang bisa terbang jauh ke berbagai belahan dunia, kendati tubuhnya tetap tenang duduk di atas kursi.

Sejak kecil, kita sudah mengenal aktifitas membaca dan dituntut untuk banyak melakukanya. Sadar akan manfaat positif darinya, fasilitas berupa rumah baca sederhana, perpus mobil, hingga perpustakaan yang luas dan modern selalu memiliki anggota tetap yang rutin berkunjung. 

Tahukah Anda, ternyata minat baca bangsa kita masih tergolong rendah dibandingkan banyak negara dunia. Yaitu peringkat 60 dari 61 negara yang mengikuti survey.

Lalu, negara manakah yang menduduki peringkat tiga besar? Berikut rangkumannya.

1. Finlandia.
Finlandia merupakan salah satu negara yang memiliki sistem pembelajaran terbaik di dunia. Masyarakatnya dikenal mencintai aktifitas membaca.

Budaya membaca sudah mulai dikenalkan kepada bayi yang baru lahir. Pemerintah setempat memberikan paket hadiah kelahiran bayi yang berisi kebutuhan bayi sekaligus buku-buku yang diperuntukkan untuk bayi dan orangtuanya. Budaya mendongeng sebelum tidur bahkan menjadi tradisi yang rutin dilakukan keluarga di Finlandia.

Tersebarnya perpustakaan di berbagai lokasi di negara ini juga merupakan faktor pendukung yang membuat prosentase minat membaca masyarakatnya melesat di angka 100%.

2. Norwegia
Masyarakat negara Skandinavia yang ber-ibu kota Oslo ini juga ternyata memiliki minat baca tinggi seperti tetangganya, Finlandia.

Meskipun termasuk negara yang tingkat kepadatan penduduknya rendah di Eropa, Norwegia memiliki 841 perpustakaan yang semuanya selalu sesak oleh penggemar buku.

3. Kanada
Tak jauh berbeda dengan beberapa negara Eropa, Kanada yang terletak di ujung utara benua Amerika ini juga memiliki masyarakat yang cinta membaca.

Prosentasenya bahkan mencapai 99%.
Negara yang menggunakan daun Maple sebagai lambang benderanya ini memiliki ratusan ribu guru pengajar sekolah dasar dan puluhan ribu dosen di universitas. Tak hanya itu, Kanada memfasilitasi pelajarnya dengan 637  perpustakaan.

Itulah tiga negara yang memiliki minat baca tertinggi di dunia. Semoga Indonesia bisa segera menyusul ya...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Lima Negara dengan Minat Membaca Tertinggi di Dunia"

Post a Comment