Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini (Part 1)

Bismillahirrahmanirrahim... 

Emm, sebenernya pede ga pede mau nulis artikel tentang ini. Karena Neng Jihan juga belum tuntas belajarnya. Tapi, berbekal rasa optimis untuk bisa membantu sesama mak-mak newbies, kutuliskan tips mengajarkan anak huruf hijaiyyah ini dengan basmalah... 

Jadi, semua kisah ini berawal dari keinginan saya untuk bisa mengenalkan anak dengan Al-qur'an di usia dini. 

Sejak bulan November 2015 (usia Jihan 1,5 th), saya mulai membuat beberapa sample huruf hijaiyah yang saya pikir akan menarik buat Jihan. Dimulai dengan huruf مَ dan بَ. Anehnya, sampai bulan Febuari 2016, Jihan masih belum ngedong dengan dua huruf tersebut. 

Bulan berganti, hingga pada bulan Juni 2016, saya membelikan Jihan (2y1m) Abaca Flashcard untuk membuatnya tertarik belajar.  Namun, lagi-lagi Jihan belum tertarik dengan huruf hijaiyyah, malah sibuk memporandakan isi permainannya. (LOL)

Hamdan lillah. Pada bulan Juli lalu, sahabat saya Azkia -barakallahu fiha wa ahliha wa 'ilmiha- berbagi pengalaman mengajari anaknya, Alin (20m). Dan alhamdulillah, kali ini, Jihan mulai tertarik dan ngedong. Fiuuh, legaaa.

Beginilah 'Metode Alin' yang disebutkan sahabat saya:

1. Pengenalan awal, tuliskan اَ dan بَ di dua halaman kertas buku yang bersebelahan. Catatan: pengenalan langsung dengan harokat fathah. Dan langsung dibaca. Jadi bukan dieja 'alif fathah a' dst.

2. Ukuran tulisan standar. Dimaksudkan agar anak terbiasa dengan tulisan al-quran.

3. Warna pena yang digunakan standar; hitam atau biru. 

4. Selanjutnya, setelah anak mengenal huruf, kita buat kuis. Seperti meminta dia menunjuk huruf اَ. Jangan lupa apresiasinya yaa!

5. Pengenalan huruf hijaiyyah menggunakan cara yang menarik untuk anak. Boleh dengan nada atau intonasi tertentu.

6. Pengenalan huruf secara acak, sesuai kemampuan anak. Pilih huruf yang bentuknya berbeda. 

7. Pertemuan kedua dan selanjutnya, pengenalan satu huruf tiap pertemuan, dan ditulis dalam satu halaman yang sama. 



Saya menggunakan 'Metode Alin' yang di-mix dengan metode flashcard Abaca, ditambah dengan metode DR. Sarmini, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan Jihan yang jauh lebih tua dibandingkan Alin.

Metode tambahan untuk Jihan, (Selanjutnya saya sebut metode Jihan aja ya, hihi):

8. Mendahulukan huruf yang mudah diucapkan anak. Huruf rumit seperti عَ، ظَ، ثَ dsb, saya akhirkan.

8. Enam huruf pertama yang saya perkenalkan adalah   أَ بَ جَ سَ دَ مَ (referensi: Abaca Flashcard, dengan penyesuaian kemampuan Jihan). Alhamdulillah, dia bisa menguasai semuanya dalam waktu satu pekan saja!

9. Sesekali, saya gunakan flashcard, dan Jihan mulai paham cara penggunaannya. 

10. Saya memberhentikan pengenalan selanjutnya, untuk melihat kemampuan membaca Jihan, sebagaimana anjuran dalam Abaca Flashcard.  
Dimulai dengan rangkaian dua huruf. 
Misalnya: 

اَبَ. اَدَ، دَجَ 

Dan seterusnya. Tapi, ternyata Jihan belum nalar. Wkwkwk. Next.

11. Akhirnya, saya memperlambat ritme. Mengajarkan huruf kloter kedua, sambil memahamkan cara baca. 



Alhamdulillah, lambat tapi pasti, Jihan sudah mengenal 10 huruf. Dan sudah mulai paham cara baca, meskipun masih suka ngeles dan lari dari kenyataan. Perlu sabar dan telaten nih, mak. 

Tips:

1. Kenalkan huruf hijaiyyah sebagai 'gambar'. Alif berfathah adalah 'gambar a'. Itu yang ada di fikiran anak-anak. 
Maka dari itu, kalau mengajaknya belajar, katakan 'ayo kita gambar a', dst.

2. Akan ada saatnya anak merasa bosan dengan huruf yang itu-itu saja. Demi meminimalisir kebosanan, ajarkan huruf yang baru dalam tempo yang teratur, setelah ia menguasai materi yang lalu. 

Mungkin cukup sekian dulu. Di artikel selanjutnya insya Allah akan ada tips mengajarkan huruf yang serupa bentuknya. 

Atas perhatiannya, saya ucapkan jazakumullahu khairan. Bagi yang berkenan memberikan saran, masukan, atau sharing pengalaman, ditunggu di kolom komentar yaa... 

Part 1 | Part 2 | Part 3 | Part 4 | Part 5

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengenalkan Huruf Hijaiyyah pada Anak Usia Dini (Part 1)"

Post a Comment