Khatam dalam Sebulan



Bismillahirrahmanirrahim

Insya Allah Ramadhan akan hadir beberapa hari lagi. Pasti setiap Muslim yang beriman merasa excited bersamaan dengan semakin dekat hadirnya. Semua dari kita  berharap agar Allah memberikan kesehatan dan umur panjang hingga dapat menemui bulan yang mulia ini.

Jika membicarakan Bulan Ramadhan, pasti pikiran dan jiwa kita akan bernostalgia mengingat 'tradisi' yang ada di Indonesia; dari bersantap sahur bersama keluarga, suasana sore jalanan yang dipenuhi dengan penjual 'takjil', hingga syahdunya Shalat tarawih berjamaah. Masya Allah, ngangenin yaaa...

Tapi, yang lebih utama dari itu semua adalah bagaimana kita memanfaatkan bulan berkah ini dengan amalan yang bermanfaat bagi kehidupan akhirat kita kelak.

Satu diantara sekian banyak amal ibadah yang seharusnya kita unggulkan di bulan ini adalah membaca al-Qur'an. Betapa baiknya bila kita bisa memfokuskan lebih banyak waktu untuk membaca firman Allah dan bahkan mengkhatamkannya sekali atau lebih dalam sebulan. 

Maka dari itu, saya di sini akan memberikan sedikit tips dan rumus membagi waktu dan jumlah halaman agar kita dapat mengkhatamkan al-Quran dalam waktu satu bulan. Cekidot!

*Al-Qur'an terdiri dari 30 juz. Setiap juznya terdiri dari 10 lembar (kecuali Juz 'Amma ada 12 lembar). Jadi kita anggap ada 30x10=300 lembar

* Dalam sehari ada shalat wajib lima waktu.
Maka, kalau kita ingin menkhatamkan al-Qur'an satu kali, begini rumusnya;

300(lembar) : 30(hari) : 5(waktu) = 2(lembar) tiap selesai shalat wajib.

Mudah bukan? Hanya dengan konsisten membaca 2 lembar setiap selesai shalat, kita sudah bisa mengkhatamkan al-Qur'an satu kali selama bulan Ramadhan.
Kalau ingin khatam dua kali? Mudah, tinggal dirubah saja jumlah harinya. 

300(lembar) : 15(hari) : 5(waktu) = 4(lembar) setiap selesai shalat wajib.

Dan begitu seterusnya...

Insya Allah kita semua bisa mengkhatamkan al-Qur'an pada bulan mulia ini. Dengan tekad yang kuat dan niatan yang baik, tidak ada yang mustahil dengan izin Allah. Mari kita saling berlomba dalam kebaikan. Semoga bermanfaat. :)

Wabillahit taufiq, walhamdulillah...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khatam dalam Sebulan"

Post a Comment