Tips Mengajarkan Anak Berkerudung



Bismillahirrahmanirrahim...

Salahsatu kewajiban orangtua adalah mengajarkan kepada anak nilai-nilai keagamaan. Ketika anak tumbuh bersandingkan ketaatan, maka insya Allah kelak ia akan terus berpegangteguh dengannya. Terlebih lagi anak perempuan.  Rasulullah telah menjanjikan betapa besar pahala orangtua yang berhasil mendidik putrinya dengan baik.

Diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, dia berkata  bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, 

مَنْ عَالَ جَارِيَتَيْنِ حَتَّى تَبْلُغَا جَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَنَا وَهُوَ وَضَمَّ أَصَابِعَهُ

Barangsiapa yang mengayomi dua anak perempuan hingga dewasa maka ia akan datang pada hari kiamat bersamaku” (Anas bin Malik berkata : Nabi menggabungkan jari-jari jemari beliau). (HR Muslim 2631)

Diantara contoh mendidik putri kecil untuk teguh beragama adalah mengajarkannya menggunakan kerudung sejak dini. Ini adalah point penting yang mungkin banyak dilupakan oleh kebanyakan Mama. Tak ada salahnya Ma, mengajarkan kepada si kecil untuk mengenakan kerudung, walaupun mungkin kelihatan gerah, ribet, dan ga modis. Namun, ini semua demi kebaikannya di masa depan. Kita semua kan sudah mengetahui bahwa menggunakan kerudung adalah wajib hukumnya.

Di sini, saya akan berbagi sedikit tips agar anak perempuan kita terbiasa menggunakan kerudung.

Pertama, beri anak contoh. Anak cenderung lebih memahami perbuatan dibanding perkataan. Anak di bawah satu tahun khususnya, pemahaman mereka akan kata-kata masih sangat minim. Oleh karena itu, sebagai Ibu, kita perlu menjelaskan kepada anak melalui perbuatan, bahwa jika keluar rumah, kita harus berkerudung.

Kedua, jelaskan bahwa berkerudung itu cantik. Perempuan pada dasarnya sangat memperhatikan penampilan mereka. "Nak, dipakai ya kerudungnya biar cantik seperti Mama," sesekali kepedean boleh laah, Hehe

Ketiga, pakaikan jilbab untuknya di depan cermin. Trik ini sekaligus untuk membuktikan pada putri kita bahwa ia benar-benar semakin cantik dengan balutan jilbab. Jadi kata "cantik dengan kerudung" bukan hanya omongan doang tanpa bukti. Pakaikan yang rapi ya Mama, agar si putri puas melihat cerminan dirinya.

Keempat, beri apresiasi dan pujian. Katakan "Wah, masya Allah, anak Mama makin cantik dan shalihah dengan kerudungnya," atau berikan senyuman lebar untuknya sebagai tanda bahwa kita bangga padanya. Sebagai orangtua, kita juga musti peka dengan gerak-gerik si kecil. Kalau ia kelihatan memegang jilbab kesayangannya di depan cermin, Mama harus dengan senang hati membantunya, meskipun mungkin warna kerudungnya kurang matching dengan bajunya. Hehe

Awalnya Jihan -seperti kebanyakan putri kecil lainnya- merasa risih juga dengan kerudung, mungkin kegerahan, atau ada sedikit sensasi gatal. Tapi insya Allah dengan berjalannya waktu, anak akan mengerti mengapa ia harus menggunakan kerudung.

Terus semangat ya Ma, untuk mengajarkan kebaikan pada si kecil tercinta. Semoga kelak bisa menjadi ladang amal kebaikan bagi kita di akhirat. Aamiin...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengajarkan Anak Berkerudung"

Post a Comment