Tips Mengajarkan Anak Mandiri Mengambil Baju

Ini buka SPG lemari ya... Hahaha.

Ini salah satu cara saya untuk melatih kemandirian Jihan (2,5 th). 

1. Saya memilih lemari pakaian berbentuk loker untuknya, tujuannya agar dia bisa tetap rapi saat mengambil baju dari yang paling atas. 

2. Pakaian Jihan terletak di loker ٣, agar saat mengambil baju, dia tidak perlu berjinjit atau menunduk. 

3. Pakaian disusun bertumpuk. Baju daster dan celana saya letakkan bersebelahan, untuk mempermudah. 

4. Angka arab di lemari difungsikan sebagai simbol. Karena tekadang saya melibatkan dia untuk mengambilkan pakaian Umar (ada di loker ٤). "Kak, tolong ambilkan kaos dalam Dede di lemari arba'ah".

Kenapa pakai angka Arab? Kebetulan Jihan lebih respek menghubungkan simbol dan nama ketika disebutkan wahid, itsnan, tsalatsah dst. Ketimbang satu dua tiga. Makanya saya tulis dengan angka Arab. 

Nanti kapan2 bisa diganti dengan huruf Hijaiyyah, atau bentuk bangun datar, sesuai pelajaran yang perlu banyak pengulangan. 

Wallahu ta'ala a'lam. (MJ)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengajarkan Anak Mandiri Mengambil Baju"

Post a Comment