Tips Membeli Buku Baru dan Bekas Secara Online

Buku adalah jendela dunia. Pepatah itu benar ada bagi penikmatnya. Saat tenggalam dalam lembaran buku, pembaca seolah terlempar jauh ke dunia baru yang diciptakan seorang penulis, meskipun di alam nyata, ia masih tak berpindah dari kamarnya.

Kemajuan teknologi menyediakan buku elektronik, yang biasa disebut E-book. Selain praktis dan mudah digenggam, beberapa E-book bisa diunduh secara gratis di website yang menyediakannya, kalaupun membayar, harganya tak setinggi buku cetak.
 
Namun, ternyata buku cetak masih sangat banyak diminati oleh pecinta buku. Ya, salah satu alasannya karena tidak semua buku yang dijual memiliki versi E-book, atau memang pembaca lebih nyaman menggenggam buku tebal, ketimbang berlama-lama terpapar radiasi gawai, tanpa mengabaikan sisi estetika yaitu buku cetak akan sangat bagus saat terpajang rapi di raknya. 

Seiring berkembangnya bisnis daring atau online di Indonesia, saya sebagai seorang penikmat buku yang tinggal di desa, lebih sering membeli buku bulanan secara online dari rumah, tanpa harus menempuh jarak jauh ke toko buku. 

So, ini beberapa tips membeli buku secara online, yang akan saya bagikan kepada Anda:

1. Sebelum membeli buku, kenali dahulu inti buku yang Anda minati. Saya biasanya mencari sinopsis buku yang akan saya beli melalui google, promosi penulis, atau review teman-teman. 

2. Pilihlah toko buku online yang terpercaya dan terjamin kualitasnya. Seperti Gramedia online, contohnya. Dengan membeli di toko terpercaya, insya Allah, keaslian dan kualitas buku tak perlu diragukan lagi. 


3. Atau membelinya secara langsung ke penulis dan penerbit. 

Beberapa buku yang diterbitkan oleh penerbit indie tidak dijual di toko buku besar. Akan dibuka pre-order sebelum buku resmi diterbitkan. Harganya pun lebih murah, meskipun kita harus menunggu beberapa saat sebelum menikmati isinya. 

4. Waspada buku bajakan.
Bajakan? Ya. Banyak tersebar buku-buku bajakan di negara kita. Di daerah DKI Jakarta saja, ada satu lokasi khusus yang menjual aneka buku-buku bajakan, yang beberapa penjualnya membuka toko online di samping toko fisik.

Anda akan sangat menyesal bila mendapati buku bajakan di perpustakaan pribadi. Karena kualitasnya buruk, nyaris di semua sisi. Mulai kertas buram, tulisan yang tumpang tindih atau ngeblur, jilid buku yang mudah koyak, noda -seperti bekas fotokopi-, margin yang tidak simetris, yang semuanya menentukan kualitas sebuah buku. 


Sekilas tampak seperti asli, namun jika memperhatikan margin buku yang tidak sesuai, Anda akan menyadari bahwa buku ini hanya hasil copy-an.

Harga yang dibandrol juga sangat murah. Buku dengan harga Rp 60.000, hanya dijual Rp 20.000, kondisinya baru dan bersegel. Tapi, Anda pasti akan terkejut saat membuka isinya yang tak layak baca.
Jadi, jangan tergiur harga murah. Tanyakan baik-baik pada penjual, apakah buku yang dijual asli? 

5. Buku bekas.

Anda ingin membeli buku yang sudah cukup lama terbit dengan harga terjangkau? Carilah buku bekas. Anda bisa menemukannya di internet, baik dari pemilik buku langsung, atau melalui perantara market place. Banyak juga akun sosial media yang membuka pembelian buku bekas. Harga buku yang tadinya Rp 60.000, bisa Anda dapatkan hanya dengan Rp 30.000 saja, wow! 

Tanyakan dan perhatikan dengan detil kondisi buku bekas yang akan dibeli. Semakin baik kondisinya, pastinya akan semakin menarik untuk dibaca. 

Ket: Ini adalah sebagian buku bekas yang saya beli di marketplace online. Saya bisa mendapatkan buku-bekas-seperti-baru dengan harga terjangkau. 

6. Mencari Edisi Cuci Gudang.  

Yang saya perhatikan selama ini, harga buku tetap stabil selama ia banyak dicari. Tidak seperti harga handphone atau alat elektronik yang tiap tahun semakin murah karena bersaing dengan generasi baru.

Meskipun demikian, buku murah tetap bisa Anda dapatkan di event cuci gudang atau pameran, yang sayangnya tidak menyediakan fasilitas pembelian online. 

Jadi, berlelahlah sedikit untuk mendapatkan buku idaman baru dan ramah kantong.


Selamat belanja buku online :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Membeli Buku Baru dan Bekas Secara Online "

Post a Comment