Ritual Penting Menyambut Ramadhan

Tamu Agung itu Sudah Dekat...

Pernahkah Anda mempersiapkan penyambutan tamu spesial? Seperti kerabat yang datang dari jauh, orang tua, atau bahkan pejabat yang cukup dikenal. Bagaimana rasanya saat melakukannya? Sangat seksama dan tak ingin ada hal yang terlewat pastinya.

Begitu pula saat ini, kita sedang menanti tamu agung yang hanya datang sewaktu dalam setahun. Ramadhan. Ia menjelang, harumnya telah tercium, semangatnya mengetuk pintu hati.

Sebagai tuan rumah yang akan menjamunya, saya dan Anda semua harus mempersiapkan penyambutan yang meriah dan berkesan. Berikut beberapa hal penting yang perlu kita lakukan.

1. Memperbanyak doa.
Hati seorang hamba berada di tangan Allah. Ketaatan yang kita lakukan tak terlepas dari taufik dan hidayah-Nya. Oleh karenanya, sangat perlu memohon kepada Allah untuk dipertemukan dengan Ramadhan, kemudian diberi kemudahan untuk melakukan ibadah-ibadah dan mengumpulkan pundi-pundi pahala di dalamnya.

Kita dapat mencontoh doa yang biasa dipanjatkan para Sahabat:
اَللَّهُمَّ سَلِّمْنِي إِلَى رَمَضَانَ وَسَلِّمْ لِي رَمَضَانَ وَتَسَلَّمْهُ مِنِي مُتَقَبَّلاً

“Ya Allah, antarkanlah aku hingga sampai Ramadhan, dan antarkanlah Ramadhan kepadaku, dan terimalah amal-amalku di bulan Ramadhan.”

2. Memperbanyak Istighfar.
Sebagaimana dosa memperkeruh hati, istighfar menjadi penjernihnya. Alangkah baiknya bila kita dapat memasuki bulan mulia dengan hati yang siap, bersih dari penyakit dan noda hati yang menjadi penghalang dari ke-khusyuan.

3. Melatih diri untuk ibadah.
Sebagian ulama menggambarkan tahun seperti pohon. Bulan Rajab  adalah waktu menumbuhkan daun, Sya'ban dahannya, Ramadhan buahnya. Semakin banyak dahan yang tumbuh, semakin banyak pula buah yang dapat dipanen.

Layaknya sebuah kendaraan, butuh pemanasan untuk membuatnya lancar dikemudikan. Sangat dianjurkan melatih diri untuk getol melakukan ibadah unggulan seperti puasa, tadarus, sedekah dan qiyamul lail selama bulan Sya'ban, untuk memastikan mesin telah siap diajak maraton dalam bulan mulia nanti.

4. Pahami Fikih Ramadhan.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang agung. Siang-malam dipenuhi berbagai ibadah. Mulai dari puasa, tadarus, belajar agama, salat, sedekah, hingga akhirnya i'tikaf.

Amalan-amalan tersebut mencakup hukum-hukum fikih yang wajib diketahui oleh setiap muslim, demi kesempurnaan ibadahnya. Oleh karenanya, jangan sungkan untuk mendatangi majelis-majelis kajian fikih Ramadhan -yang sekarang ini banyak digelar-, atau mengambil ilmunya melalui media dan buku-buku.

5. Pasang Target.
Seorang muslim adalah tipikal pejuang kebaikan. Cita-citanya mulia setinggi surga. Berlomba dalam ketaatan, tiap hari lebih baik dari sebelumnya.
Targetkan sesuatu yang spesial untuk Ramadhan tahun ini, rencanakan pencapaian gemilang yang belum diraih di tahun lalu.

Semoga Allah mempertemukan kita dengan Ramadhan, memberi hidayah untuk memperbanyak amalan, dan menjadikan kita sosok yang semakin baik setelahnya. Wallahu a'lam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ritual Penting Menyambut Ramadhan"

Post a Comment