Jurnal Pemetaan Bakat Anak Hari ke-5

Partner: Jihan (9 th)

Berawal dari Jihan sering membeli barang dagangan temannya -yang hanya- pita dipotong dianggap gelang, atau kertas buku tulis digunting manjadi kartu ucapan dengan harga cukup mahal untuk standar uang saku Jihan. Saya ingin mengajarkan kepada Jihan standar kualitas barang yang layak jual. 

Saya ingin mengajarkan pada Jihan (dan semua anak saya) bahwa berjualan itu butuh effort dan trik, tidak bisa asal menjual barang yang tidak ada valuenya, ditambah lagi memaksa orang lain untuk membeli barang tersebut.  

Saya menawarkan apakah Jihan mau belajar membuat benang rajut untuk dijual? Ia setuju. Akhirnya saya lagi-lagi berbekal video youtube mempelajari tutorial membuat gelang dan mengenal berbagai benang sebagai bahan baku. 


Setelah bahannya datang, Jihan membuat satu untuk dirinya sendiri. Lalu ia pakai di sekolah dan ia tawarkan kepada teman-temannya. Ia memasang harga tiga ribu rupiah untuk satu gelangnya, warna bebas memilih sesuai stok benang yang ada.

Saat itu ia sempat mendapatkan komentar "Ha? Tiga ribu? Mahal amat", saya tidak bisa banyak berbuat karena modal benangnya saja sudah dua ribu, jadi untuk keuntungan bersihnya Jihan hanya mendapatkan seribu. Saya hanya memberikan semangat "Tenang aja, nanti insya Allah akan ada yang beli, Kak". 

Saya membantu mempromosikan gelang buatan Jihan di status WA, dan alhamdulillah ada seorang temannya yang membeli dalam jumlah banyak untuk diberikan ke sepupu-sepupunya. 


Dari sejak itu orderan mulai masuk setiap hari, baik dari anak SD, sampai santriwati usia SMP. Bahkan teman yang awalnya bilang 'mahal' pun akhirnya tertarik untuk membeli. 

Total gelang yang dibuat Jihan lebih dari 30 pcs. Meskipun mungkin tidak sebanding antara tenaga yang dikeluarkan dan hasil penjualannya, Jihan tetap semangat dan mau mencoba kesenian model lainnya. 

Rasio Bakat 
Enjoy ⭐️⭐️⭐️ (dibatasi maksimal 1 pcs, karena kalau lebih dari itu akan bosan)
Easy ⭐️⭐️⭐️ (midah asalkan Jihan dalam kondisi prima dan fokus tanpa gangguan)
Excellent ⭐️⭐️⭐️ (untuk model gelang sederhana termasuk bagus dan rapi hasilnya)
Earn ⭐️⭐️⭐️⭐️ (menghasilkan uang dan anak jadi terdongkrak rasa percaya dirinya, karena ia bisa melakukan suatu hal yang tidak bisa dilakukan teman-temannya)




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jurnal Pemetaan Bakat Anak Hari ke-5"

Post a Comment